Khasiat dan manfaat Kacang Kedelai


hmm.. pernahkah anda merasakan kacang / susu kedelai?

pernahkah anda membayangkan banyaknya khasiat didalamnya?

wahh… kalau anda suka makan kedelai, bagus, deh.. soalnya kedelai itu mengandung banyak manfaat, nihh…

menurut web eating well indonesia,Dalam jumlah gram yang sama, kandungan protein yang terdapat dalam kedelai lebih tinggi dibandingkan kandungan protein dalam daging ayam. Kedelai seberat 25 gram mengandung 7 gram karbohidrat, 5 gram protein dan 3 gram lemak. Sedangkan ayam tanpa kulit dengan berat yang sama hanya mengandung 2,3 gram protein dan 0,6 gram lemak..

woww…

kalo kandungan yang saya temui di natural nusatara, kedelai itu :

Kacang kedelai adalah satu-satunya dunia tumbuhan yang memiliki protein sangat besar karena memiliki kadar protein 11 kali lebih banyak dari susu, 2 kali lebih banyak dari daging dan ikan, 1½ kali lebih banyak dari keju, dan yang paling penting adalah mengandung lecithin. Sedangkan unsur-unsur yang terdapat pada lecithin antara lain :

Alfa karoten Kalium Phosphatidylinositol
Alfa tokoferol Kalsium Phospholipids
Alfa tokotrienol Karoten Phosphorus
Arginin Lignin Phylloquinone
Asam Amino Linoleat (omega 6) Pirikdoksin
Asam Folat Linolenat (omega 3) Polyunsaturated fat
Asam Pentotenat Lipid content Potassium
Beta karoten Lysin Retinol
Beta tokotrienol Magnesium Riboflavin
Biotin Mangan Sistein
Boron Metheonin Sistin
Choline Moisture Soybean oil
Choline bitartrate Molibdenum Sphingomyelin
Choline chlorida Monounsaturated fat Stearic
Fatty acid content Niacin Sulfur
Ferrum Oleat (omega 9) Thiamin
Fosfor Palmitic Threonin
Histadin Phenillanin Tourin
Inositol Phosphatides Triptofan
Isoflavon Phosphatidylcholine Valin
Isoleosin Phosphatidylethanolamine Zinc

nahh… lecithin itu sendiri mengandung banyak manfaat, diantaranyamembantu pembentukan sel-sel tubuh, antioksidan, penambah daya tahan tubuh, yang paling bermanfaat menurut saya, kedelai ini bisa mengontrol kolesterol…

Kolesterol memang diperlukan tubuh, namun kebanyakan orang memiliki kolesterol yang berlebih… zat lecithin dalam kacang kedelai mampu mengontrol kolesterol tersebut dengan memecah-mecahkan kolesterol menjadi bagian2 kecil, lalu dibuang keluar tubuh…

Kedelai juga mampu menjaga kesehatan jantung, membantu memulihkan diabetes, melawan kanker, kesehatan ginjal, dan lain-lain…

kedelai bisa kita dapatkan di tempe, tahu, juga kecap kedelai (udah tau) hehehe…

tapi yang benar-benar berkhasiat adalah makan kedelai rebus, atau diblender dan dimakan juga ampasnya… soalnya ampas kedelai kan ga bahaya….

nahhh.. mulai sekarang, perbanyak makanan organik dan hindari fast-food dan gorengan, ya.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: