From ZERO to ONE


From ZERO to ONE… mungkin itu ungkapan yang pas bagi pengalaman saya yang satu ini… Berawal dari sekedar iseng jepret-jepret foto, dipanggil di acara pernikahan saudara, hingga mungkin yang membawa saya ke masa ini adalah guru saya.

Waktu itu kakak kelas dari sekolah saya mengikuti kejuaraan Nasional yang diadakan oleh CISCO (perusahaan terkenal yang menangani jaringan komputer). Terus saya diajak guru saya untuk ikut sekalian jadi ‘pelaku’ dokumentasi… yaa… saya gak nolak.. apalagi bisa sekalian dapet ilmu baru di CISCO… Waktu acara di CISCO selesai, guru saya (Pak Hendra Nuryuliansyah) memberi selamat ke saya… pertama saya bingung, yang menang kan kaka kelas… kenapa saya yang dikasi slamat? Gak taunya Pak Hendra bilang

“Selamat, ya jadi fotografer…hehehe”

ya…saya ketawa aja..hehehe…

pas saya liat hasilnya, yaa… lumayan,siih.. temen-temen & guru juga banyak minta soalnya foto mereka lumayan banyak… hehehe…

waktu KPLI Bogor (Kelompok Pengguna LINUX Indonesia) ngadain acara di SMKN 3 Bogor (sekolah saya,nih), Pak Hendra ngumpulin beberapa anak jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) supaya ikut jadi panitia yang dari sekolah… ada yang kebagian memasang wireless, ada yang mengconfigure jaringan… jujur aja, sebenarnya saya pingin banget jadi seksi yang berurusan di depan komputer soalnya biar nambah ilmu baru… tapi Pak Hendra ternyata milih saya buat jadi seksi dokumentasi foto… dan 1 orang lagi kakak kelas jadi dokumentasi video… yaa… waktu itu kakak kelas yang tau ‘kerja sampingan’ saya ini, langsung ngomong “jadi fotografer lagi,nih.. hehehe…” yaa… memang mungkin bidang saya di sini…hehehe

waktu hari ‘H’ datang, saya datang ke sekolah saya dengan kamera saya.. sampai di sana saya ngobrol2 dikit sama teman&guru, lalu langsung ‘kerja’… saya langsung foto para panitia KPLI yang lagi briefing tentang acara nanti, saya juga ambil mas dan mbak dari BONET yang lagi mempersiapkan peralatan mereka. gak lupa saya juga foto teman2 saya yang lagi beres2 ngangkatin kursi… hehehe (tertawa diatas penderitaan orang memang seru…^^). Karena ada sesi dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan berpencar, saya harus berkeliling di aula SMKN 3 Bogor untuk mengambil gambar mereka semua… memang cape’ apalagi disaat mereka membahas tentang ilmu baru LINUX, saya harus mengambil semua kegiatannya sampe para panitia mulai mengemas barang bawaan mereka. waktu ada acara diskusi kedua, saya pingin ikut banget…kebetulan, tiba-tiba kepala Program saya, Bu Pipit datang ke saya bilang,

“Ril, kamu kan mau dengerin,nih, gimana kalo Ibu yang ngambil gambar?”

wah saya langsung oke aja… akhirnya bisa dengerin sesi tanpa ada beban…hehehe…

setelah acara selesai, anak-anak dari panitia dari sekolah duduk-duduk dulu, mereka ngomentarin kerjaan saya, katanya

“Ril, Enak amat lu cuma moto-momtoin doang? kita tuh ngangkatin kursi, bawa-bawa kabel, masang spanduk sampe cape, elu mah tinggal jepret-jepret aja…”

hahaha… ya… saya juga sangat mensyukuri kerjaan saya… walaupun memang ada deritanya, disaat mereka bisa diskusi, saya mesti keliling… di foto mungkin hanya ada 1 atau dua wajah saya, sementara teman2 saya yang lain malah memenuhi frame, bahkan banyak orang yang gak saya kenal malah banyak di foto saya… maklum, tuntutan pekerjaan…

di rumah, saya dapet banyal wall dan plurk dari temen minta fotonya di uploadin… ternyata saya dicari orang juga, ya… setelah saya upload dan ada yang saya save di komputer sekolah, komentar mereka sama seperti saat mereka mengomentari foto yang saya ambil waktu di CISCO…

“Ril, ngapain lw ambi gambar beginian? ada tong sampah, halaman sekolah, ini orang nganggur difotoin? ada bangku kosong segala??”

kata para komentator dari teman saya, mereka ngomentar kaya gitu, tapi ekspresinya seneng banget.. katanya foto saya aneh-aneh-unik hahaha… soalnya ada foto guru saya yg lagi ngasi penjelasan, tapi di foto saya keliatannya malah kaya orang lagi audisi nyanyi… ada yang keliatan kaya lagi baca doa, dan lain-lain… hahaha…

gak cuma itu, foto hasil jepretan saya ternyata tersebar di para anggota KPLI Bogor. Karena cuma saya yang ngambil dokumentasi, ada sih satu orang dari KPLI, tapi dia sibuk jadi cuma ngambil gambar sedikit. Ditambah lagi Guru saya itu ternyata wakil ketua dari KPLI Bogor, jadi foto hasil saya disebarluaskan ke webnya di http://tundra.web.id , ada yang di forum Blog KPLI Bogor, waktu saya liat, ya..saya seneng aja ternyata karya saya berguna… yang bikin saya seneng lagi, waktu saya iseng nge view orang di FB, saya kaget soalnya di koleksi foto dia, ada foto2 hasil jepretan saya… kayaknya diambil dari blognya KPLI Bogor… saya makin seneng soalnya di bengga2in tu foto dengan men-tag lumayan banyak orang, padahal dia ga ada di foto itu (yg di foto itu cuma panitia dari KPLI yang udah punya pekerjaan semua, sementara dia masih anak sma) yaa.. saya bangga ternyata hasil foto saya beredar di dunia maya… sedikit kekesalan kenapa saya tidak menuliskan di seitap foto “Foto by: auril (copyright)” biar rada terkenal, tapi kalo dipikir2 lagi kok agak norak,,,hehehe

gak papa… bagi saya, ini adalah batu pijakan saya untuk mencapai sukses ke jenjang berikutnya….

kalo mau liat foto saya, silakan cari di google

“Liputan Linux Vaganza di SMKN 3 Bogor”

terimakasih untuk semua orang yang mau mem-publish foto saya…

jangan lupa panggil saya kalo ada job lagi..tnx..hehehe

Leave a Reply

