Mengganti Hak Akses Dengan Command chmod

Iseng-iseng nulis ulang sama pelajaran dulu waktu belajar LINUX.. hehehe…

tentang chmod, nih…

chmod digunakan untuk mengganti hak akses…

biasanya dipake sama server di kantor / LAN… kegunaannya, yaa… biar client / orang lain ga bisa seenaknya buka-buka file penting kita…

Ok, mari kita elajari dulu dari awal… kalau saya masuk ke /home punya saya dengan user root, dan mengetikan command ls-l maka tampilannya seperti ini…

perhatikan tulisan “rwx-rwx” itu adalah hak akses dari file tersebut…

LINUX mempunyai 3 kategori user…

1.owner (dilambangkan dengan huruf “u”)

-user yg membuat / memiliki file / direktori tersebut.

2.group (g)

-User-user yang berada dalam grup yg sama dengan si owner.

3.others (o)

-user lain diluar dua grup diatas…

arti dari rwx sendiri adalah

r = read = hak untuk dapat membaca suatu file.

w = write = hak untuk dapat memodifikasi, edit, atau tulis

x = execute = hak untuk mengexecute seperti menjalankan / mendelete file

nah, kalo kita liat lagi, kan rwx nya ada 3 bagian, tuh…

yang pertama (paling kiri) itu hak akses milik owner (u)

yang ditengah hak akses untuk group (g)

yang paling kiri, itu hak akses untuk other (o)

untuk dapat merubah hak akses dari sebuah data, kita harus login sebagai si “owner” atau “root”… karena hanya owner yang dapat merubah hak akses file yang dia buat… sementara root bisa mengganti semua hak akses semua data.

nah, bagaimana kita tau siapa “owner” dari data tersebut??

*lihat lagi screen shoot diatas* ^^

di kolom ke 3&4 disana ada tulisan  “root”, “user”, dan ada “auril_zeck”(yang warnanya hitam, bukan biru).

itu adalah pemilik dan group dari file tersebut… misalnya file “piluh” dibuat oleh “root” di dalam grup “root” sementara folder “auril_zeck”(yang warna biru) itu dibuat oleh user bernama “auril_zeck” di dalam group “user”….

nah, misalnya kita mau mengganti hak akses untuk file “piluh”

1. kita harus masuk sebagai “root”

2. lalu ubah hak aksesnya….

hak akses awal dari file piluh adalah “rw-r–r–” artinya, owner dapat membaca dan merubah file tersebut.. sementara grup dan user lainnya hanya dapat membaca file itu…

misalnya kita ingin mengubah hak akses agar user lain dapat menulis di file itu, maka yang kita lakukan,

ketik:

# chmod o+w piluh

chmod adalah command untuk merubah hak akses…

o+w artinya user “other” diberi hak akses untuk “write”

piluh adalah nama filenya….

jika kita ingin agar group dan other bisa meng execute file piluh, maka commandnya:

# chmod go+x piluh

nah, jika nant anda ketik ls-l , maka anda akan melihat bahwa hak akses dari file piluh menjadi

” rw-r-x-rwx ” yang kalau diartikan:

owner dapat membaca dan menulis, tapi tidak bisa mengexecute…

group dapat membaca file tersebut, mengexecutenya, tapi gak bisa megedit/menulis file tersebut…

sementara other bisa read, write dan execute (kok kejam, ya? si owner malah ga bisa execute? hehe)

nahh. itu tadi cara mengganti hak akses menggunakan huruf dengan opsi + dan bisa juga dengan – untuk menghapus hak akses, misalnya

# chmod o-x data.txt yang artinya hak untuk mengexecute file data.odt oleh other dicabut… jadi dia tidak dapat mengexecute data.txt

sekarang mari kita ganti hak akses menggunakan angka….

pertama, pahami dulu…

untuk “r”, angkanya adalah 4

untuk “w”, angakanya adalah 2

dan untuk “x”, angkanya adalah 1

mengapa demikian??? kata guru saya, sih.. itu sudah ketetapannya.. hehehehe

terus mengaplikasikannya dalam command gimana??? begini…

sekarang lihat dulu hak akses dari file piluh… yaitu ” rw-r-x-rwx ” kalau diterjemahkan ke angka jadi -> 657 ….

kenapa bisa begitu??? karena hak akses:

untuk “u” adalah “rw” , maka untuk angkanya jadi 4+2 = “6”

untuk “g” adalah “rx” , maka untuk angkanya jadi 4+1 = “5”

untuk “o” adalah “rwx” , maka untuk angkanya jadi 4+2+1 = “7”

sehingga didapat hak akses dari file ‘piluh’ adalah 657 ….

nah, untuk mengganti agar

ower dapat “rwx”,

group dapat “rw”,

dan other hanya dapat “r”, artinya

u= 4+2+1 = 7

g= 4+2 = 6

o= 1

jadi commandnya:

# chmod 761 piluh

jika anda ketik ls-l , maka file piluh akan memiliki hak akses “rwxrw-r–”

nahh… simpel, kan tentang chmod ini…

selamat chmod-chmod an, ya…^^v

Advertisements

Khasiat dan manfaat Kacang Kedelai

hmm.. pernahkah anda merasakan kacang / susu kedelai?

pernahkah anda membayangkan banyaknya khasiat didalamnya?

wahh… kalau anda suka makan kedelai, bagus, deh.. soalnya kedelai itu mengandung banyak manfaat, nihh…

menurut web eating well indonesia,Dalam jumlah gram yang sama, kandungan protein yang terdapat dalam kedelai lebih tinggi dibandingkan kandungan protein dalam daging ayam. Kedelai seberat 25 gram mengandung 7 gram karbohidrat, 5 gram protein dan 3 gram lemak. Sedangkan ayam tanpa kulit dengan berat yang sama hanya mengandung 2,3 gram protein dan 0,6 gram lemak..

woww…

kalo kandungan yang saya temui di natural nusatara, kedelai itu :

Kacang kedelai adalah satu-satunya dunia tumbuhan yang memiliki protein sangat besar karena memiliki kadar protein 11 kali lebih banyak dari susu, 2 kali lebih banyak dari daging dan ikan, 1½ kali lebih banyak dari keju, dan yang paling penting adalah mengandung lecithin. Sedangkan unsur-unsur yang terdapat pada lecithin antara lain :

Alfa karoten Kalium Phosphatidylinositol
Alfa tokoferol Kalsium Phospholipids
Alfa tokotrienol Karoten Phosphorus
Arginin Lignin Phylloquinone
Asam Amino Linoleat (omega 6) Pirikdoksin
Asam Folat Linolenat (omega 3) Polyunsaturated fat
Asam Pentotenat Lipid content Potassium
Beta karoten Lysin Retinol
Beta tokotrienol Magnesium Riboflavin
Biotin Mangan Sistein
Boron Metheonin Sistin
Choline Moisture Soybean oil
Choline bitartrate Molibdenum Sphingomyelin
Choline chlorida Monounsaturated fat Stearic
Fatty acid content Niacin Sulfur
Ferrum Oleat (omega 9) Thiamin
Fosfor Palmitic Threonin
Histadin Phenillanin Tourin
Inositol Phosphatides Triptofan
Isoflavon Phosphatidylcholine Valin
Isoleosin Phosphatidylethanolamine Zinc

nahh… lecithin itu sendiri mengandung banyak manfaat, diantaranyamembantu pembentukan sel-sel tubuh, antioksidan, penambah daya tahan tubuh, yang paling bermanfaat menurut saya, kedelai ini bisa mengontrol kolesterol…

Kolesterol memang diperlukan tubuh, namun kebanyakan orang memiliki kolesterol yang berlebih… zat lecithin dalam kacang kedelai mampu mengontrol kolesterol tersebut dengan memecah-mecahkan kolesterol menjadi bagian2 kecil, lalu dibuang keluar tubuh…

Kedelai juga mampu menjaga kesehatan jantung, membantu memulihkan diabetes, melawan kanker, kesehatan ginjal, dan lain-lain…

kedelai bisa kita dapatkan di tempe, tahu, juga kecap kedelai (udah tau) hehehe…

tapi yang benar-benar berkhasiat adalah makan kedelai rebus, atau diblender dan dimakan juga ampasnya… soalnya ampas kedelai kan ga bahaya….

nahhh.. mulai sekarang, perbanyak makanan organik dan hindari fast-food dan gorengan, ya.. ^^

Mengedit dan Menambah Boot Loader LINUX openSUSE

waktu ngeliat tulisan di select OS di GRUB, saya jadi pingin iseng ngedit boot loader, nihh… yg biasanya hanya bisa dilakukan sama si vista&7…

apakah bisa dilakukan di openSUSE?

-LINUX PASTI BISA!!!!

pakai CLI???

-bisa, siih.. tapi… karena saya juga newbie, jadi ada juga cara lewat GUI yg gak ribet sama sekali…

resiko??

-asal edit yg ngerti aja…. hehehe

OK mari kita bahas caranya…

sebelumnya berdoa dulu biar ga napa-napa..hehehe

A. mari kita lakukan pengeditan nama

1. Buka YaST, di bagian search, ketik” Boot” (gak pake tanda petik, yoo)

2. Tunggu dia me-load konfigurasi sejenak…

3. Pilih opsi boot mana yang akan anda utak-atik, lalu klik Edit…

4. Ganti namanya…

kalo udah, klik OK… misalnya mau ganti nama OS yg lain, caranya sama…

B.  Mendelete boot

Klik yang akan dihapus, terus klik delete… pastukan itu pilihan yg benar2 akan anda hapus… (tidak ada efek samping terhadap boot yg dihapus dari boot loader) **efek samping emangnya obat?? hehehe**

C. Menambah boot baru

1. di bagian Section Management, klik +Add terus,

2. pilih tipenya kalo itu windouus, pilih Other Boot… kalo itu dari image, ya pilih image sction…

3. Pilih di Drive mana dia berada, kasi nama terus jangan lupa mark tulisan Do Not Verify Filesystem….. disini saya kasi nama Windows 95, yang berada di sda3…kalo udah klik OK…

4. ini adalah punya saya setelah saya utak-atik….

D. mengedit time out saat select OS

1.klik tab “Boot Loader Installation”

2. Naahh.. di bagian “Time Out….” tentukan sendiri berapa waktu yg akan diberikan…

E. memindah urutan

anda juga bisa memindah urutan boot.. misalnya anda ingin memindah pilihan ‘Windows 95’ ke urutan paling bawah… di bagian Section Managment, klik boot mana yg akan anda pindah, terus di bagian kanan kan ada tulisan Up sama Down… naahh.. silakan pilih sesuka hati anda…^^

Kalo udah tinggal klik OK,deh…

seru, kan.. ternyata LINUX openSUSE fiturnya gak kalah sama yang bayar mahal2, ya… hehehehe

Command-Command Pembaca File (part2)

nahh.. melanjutkan tulisan kemarin tentang command-command pembaca di LINUX,

niihh… ada command “uniq”

dia bisa otomatis menghilangkan kata yang sama di bawah line yang sama…

adalagi namanya sort.. Sesuai namanya.. dia langsung mengurutkan baris sesuai alfabet…

biasanya digunakan untuk daftar… kita coba buka file “makanan”

untuk sort dari z-a, pakai opsi -r, jadi

sort -r makanan

naahh,,,, ada lagi command namanya: “grep”…. dia otomatis menyeleksi kata yang kita inginkan saja…

mari kita coba command nya…

kita coba menyeleksi kata yang mengandung kata “so” pada file ‘makanan’

nahh, lalu kenapa ‘parSo’ tidak ikut terseleksi??? ini karena LINUX itu sensitive dengan command yg dimasukkan…. karena perintahnya ‘so’, maka kata parSo yang ‘s’ nya pakai huruf besar tidak ikut terseleksi…

agar parSo ikut terseleksi, ketik:

grep -i so makanan

naahh.. si parSo kan jadi ikutan…

ada opsi lain, misalnya: mencari kata yang ada b&t dengan command:

grep b.t nama_file

karena saya pakai file bernama file2, maka command nya:

grep b.t file2

untuk mencari kata yang depannya berhuruf “d” kita masukkan command

grep ^d file2

simbol ^ artinya dia mencari kata yang berada di depan… kalau mencari kata yang terdapat dibelakang, kita gunakan simbol $…

misalnya kita mencari kata yang terdapat “bat” dibelakang dengan command:

grep bat$ file2

kata ‘diningbat’ masuk karena terdapat kata ‘bat’ dibelakang.

Untuk selanjutnya, kita bisa menyeleksi kata yang berawalan “d” dan berakhiran “t” dengan command:

grep d.*t file2

nah, kita juga bisa mengkombinasikan command, misalnya,

kita ingin menghilangkan kata yang berisi “bat” dan berawalan “d” dengan command

grep -v bat file2; grep -v ^d

nah… yang keliatan kan cuma ‘bit’ doank…

ok.. selamat baca2 file, ya…

Pencari Mutiara

Di siang yang cerah, seorang pencari kerang mutiara dan bosnya pergi ke tengah laut untuk mulai mencari mutiara… Bos pun menyuruh anak buahnya menyelam mencari kerang. si penyelam diberi 1 buah tabung oksigen yang masih penuh…

Saat berada di dalam laut, si penyelam tersebut terkesima dengan pemandangan bawah laut dan tertarik untuk berenang bersama ikan-ikan. Dan saat dia lihat Meteran oksigennya, masih banyak yang tersisa. jadi dia bermain-main dengan ikan dan menikmati keindahan bawah laut… Tanpa terasa, dia lupa akan pekerjaannya dan kaget saat melihat oksigennya sudah akan habis… iapun naik ke permukaan. Di kapal, bosnya menanyakan, “mana kerangnya?”

si penyelam dengan agak merasa bersalah mengatakan, “saya belom dapat, pak”

Bos pun bertanya lagi ” kok bisa”

penyelam : “saya sudah cari tadi..tapi…”

bos : “cari apanya?? kamu gak liat saya pasang kamera bawah air di bahu kamu buat memantau pekerjaan kamu sekaligus membantu kamu jika ada masalah!! mana ada orang nyari kerang malah main-main sama ikan begitu??? nyari kerang tu dibawah!!! bukan keliaran ke samping-samping!!!!”

si penyelam merasa bersalah karena dia ketahuan melalaikan pekerjaannya da meminta ke bosnya satu kesempatan lagi… tapi kata bosnya,

“TIDAK… ini sudah cukup tabung oksigen itu mahal dan sekarang hari sudah sore…ayo pulang, mulai besok, kamu tidak usah kerja lagi….”

Mendengar cerita fiksi diatas, mungkin kita semua kesal terhadap si Bos yang keliatan ‘sok’ dan pemarah… tapi ini juga salah si penyelam karena dia melalaikan tugasnya… mari kita artikan cerita ini…

anggap saja Penyelam itu adalah kita, para manusia… dan Bos adalah Tuhan… Tabung oksigen??? dialah nyawa kita….

Tuhan memberikan kita pekerjaan, agar kita dapat melakukan sesuatu yang berguna. baik bagi diri kita, maupun orang lain… oksigen adalah nyawa kita… pernahkan anda merasa kalau anda menyia-nyiakan tabung oksigen yang anda punya dengan pergi ke tempat hiburan atau larut dalam kehidupan duniawi yang sebenarnya menyita waktu anda dalam bekerja demi ‘Bos’ anda?? memang ‘pemandangan laut’ (atau “SURGA DUNIA”) itu sangat indah…

Tapi terbayangkah di pikiran anda jika anda lebih giat mencari kerang dan menyenangkan ‘Bos’ anda, maka si ‘Bos’ takkan segan-segan memberikan diri anda promosi, atau ‘upah’ lebih… bayangkan jika anda bisa menjadi wakil dari ‘Bos’ apalagi di bidang mutiara!? berapa ‘gaji’ yang anda terima?

memang bekerja demi si ‘Bos’ melelahkan.. harus mengorek-ngorek pasir mencari kerang, mengabaikan ikan-ikan indah yang lewat… tapi semua ada balasannya si ‘atas kapal’ dan di ‘akhir bulan’, yaitu saat Bos anda memuji pekerjaan anda pada teman-teman eksklusifnya, atau pada saat anda ‘gajian’.. anda akan mendapat kebahagiaan “diatas”…

karena itulah, syukuri tabung oksigen yang kita punya… jangan menyia-nyiakannya… Karena ‘Bos’ sudah memasang kamera di sekeliling kita… untuk apa!? untuk menolong kita jika ada ikan ganas mendekati kita, Bos akan segera menarik ‘tali’ kita dan membawa kita aman di atas kapalnya…

Karena ‘Bos’ itu baik.. dan kita juga harus baik sama ‘Bos’…. OK!? ^^

cerita ini saya dapatkan dari guru saya (Ibu Orbaningsih).

From ZERO to ONE

From ZERO to ONE… mungkin itu ungkapan yang pas bagi pengalaman saya yang satu ini… Berawal dari sekedar iseng jepret-jepret foto, dipanggil di acara pernikahan saudara, hingga mungkin yang membawa saya ke masa ini adalah guru saya.

Waktu itu kakak kelas dari sekolah saya mengikuti kejuaraan Nasional yang diadakan oleh CISCO (perusahaan terkenal yang menangani jaringan komputer). Terus saya diajak guru saya untuk ikut sekalian jadi ‘pelaku’ dokumentasi… yaa… saya gak nolak.. apalagi bisa sekalian dapet ilmu baru di CISCO… Waktu acara di CISCO selesai, guru saya (Pak Hendra Nuryuliansyah) memberi selamat ke saya… pertama saya bingung, yang menang kan kaka kelas… kenapa saya yang dikasi slamat? Gak taunya Pak Hendra bilang

“Selamat, ya jadi fotografer…hehehe”

ya…saya ketawa aja..hehehe…

pas saya liat hasilnya, yaa… lumayan,siih.. temen-temen & guru juga banyak minta soalnya foto mereka lumayan banyak… hehehe…

waktu KPLI Bogor (Kelompok Pengguna LINUX Indonesia) ngadain acara di SMKN 3 Bogor (sekolah saya,nih), Pak Hendra ngumpulin beberapa anak jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) supaya ikut jadi panitia yang dari sekolah… ada yang kebagian memasang wireless, ada yang mengconfigure jaringan… jujur aja, sebenarnya saya pingin banget jadi seksi yang berurusan di depan komputer soalnya biar nambah ilmu baru… tapi Pak Hendra ternyata milih saya buat jadi seksi dokumentasi foto… dan 1 orang lagi kakak kelas jadi dokumentasi video… yaa… waktu itu kakak kelas yang tau ‘kerja sampingan’ saya ini, langsung ngomong “jadi fotografer lagi,nih.. hehehe…” yaa… memang mungkin bidang saya di sini…hehehe

waktu hari ‘H’ datang, saya datang ke sekolah saya dengan kamera saya.. sampai di sana saya ngobrol2 dikit sama teman&guru, lalu langsung ‘kerja’… saya langsung foto para panitia KPLI yang lagi briefing tentang acara nanti, saya juga ambil mas dan mbak dari BONET yang lagi mempersiapkan peralatan mereka. gak lupa saya juga foto teman2 saya yang lagi beres2 ngangkatin kursi… hehehe (tertawa diatas penderitaan orang memang seru…^^). Karena ada sesi dimana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan berpencar, saya harus berkeliling di aula SMKN 3 Bogor untuk mengambil gambar mereka semua… memang cape’ apalagi disaat mereka membahas tentang ilmu baru LINUX, saya harus mengambil semua kegiatannya sampe para panitia mulai mengemas barang bawaan mereka. waktu ada acara diskusi kedua, saya pingin ikut banget…kebetulan, tiba-tiba kepala Program saya, Bu Pipit datang ke saya bilang,

“Ril, kamu kan mau dengerin,nih, gimana kalo Ibu yang ngambil gambar?”

wah saya langsung oke aja… akhirnya bisa dengerin sesi tanpa ada beban…hehehe…

setelah acara selesai, anak-anak dari panitia dari sekolah duduk-duduk dulu, mereka ngomentarin kerjaan saya, katanya

“Ril, Enak amat lu cuma moto-momtoin doang? kita tuh ngangkatin kursi, bawa-bawa kabel, masang spanduk sampe cape, elu mah tinggal jepret-jepret aja…”

hahaha… ya… saya juga sangat mensyukuri kerjaan saya… walaupun memang ada deritanya, disaat mereka bisa diskusi, saya mesti keliling… di foto mungkin hanya ada 1 atau dua wajah saya, sementara teman2 saya yang lain malah memenuhi frame, bahkan banyak orang yang gak saya kenal malah banyak di foto saya… maklum, tuntutan pekerjaan…

di rumah, saya dapet banyal wall dan plurk dari temen minta fotonya di uploadin… ternyata saya dicari orang juga, ya… setelah saya upload dan ada yang saya save di komputer sekolah, komentar mereka sama seperti saat mereka mengomentari foto yang saya ambil waktu di CISCO…

“Ril, ngapain lw ambi gambar beginian? ada tong sampah, halaman sekolah, ini orang nganggur difotoin? ada bangku kosong segala??”

kata para komentator dari teman saya, mereka ngomentar kaya gitu, tapi ekspresinya seneng banget.. katanya foto saya aneh-aneh-unik hahaha… soalnya ada foto guru saya yg lagi ngasi penjelasan, tapi di foto saya keliatannya malah kaya orang lagi audisi nyanyi… ada yang keliatan kaya lagi baca doa, dan lain-lain… hahaha…

gak cuma itu, foto hasil jepretan saya ternyata tersebar di para anggota KPLI Bogor. Karena cuma saya yang ngambil dokumentasi, ada sih satu orang dari KPLI, tapi dia sibuk jadi cuma ngambil gambar sedikit. Ditambah lagi Guru saya itu ternyata wakil ketua dari KPLI Bogor, jadi foto hasil saya disebarluaskan ke webnya di http://tundra.web.id , ada yang di forum Blog KPLI Bogor, waktu saya liat, ya..saya seneng aja ternyata karya saya berguna… yang bikin saya seneng lagi, waktu saya iseng nge view orang di FB, saya kaget soalnya di koleksi foto dia, ada foto2 hasil jepretan saya… kayaknya diambil dari blognya KPLI Bogor… saya makin seneng soalnya di bengga2in tu foto dengan men-tag lumayan banyak orang, padahal dia ga ada di foto itu (yg di foto itu cuma panitia dari KPLI yang udah punya pekerjaan semua, sementara dia masih anak sma) yaa.. saya bangga ternyata hasil foto saya beredar di dunia maya… sedikit kekesalan kenapa saya tidak menuliskan di seitap foto “Foto by: auril (copyright)” biar rada terkenal, tapi kalo dipikir2 lagi kok agak norak,,,hehehe

gak papa… bagi saya, ini adalah batu pijakan saya untuk mencapai sukses ke jenjang berikutnya….

kalo mau liat foto saya, silakan cari di google

“Liputan Linux Vaganza di SMKN 3 Bogor”

terimakasih untuk semua orang yang mau mem-publish foto saya…

jangan lupa panggil saya kalo ada job lagi..tnx..hehehe

Kegunaan Ekor Hewan

Sering kita lihat, hampir semua binatang itu punya ekor… Sebenarnya apa,sih kegunaan utama dari ekor tersebut???

naahhh… yuk, kita pecahkan kasus ini…hehehe

menurut hasil saya mencari di berbagai sumber dan mengamati langsung, ternyata ekor memiliki banyak manfaat bagi hewan… misalnya

kucing menggunakan ekornya untuk menyeimbangkan diri saat berjalan di atap

kalau kuda, sapi dan sejenisnya, menggunakan ekornya untuk mengusir lalat yang ada di bagian ‘belakang’ mereka…

lihat mereka mengibaskan ekor

lihat mereka mengibaskan ekornya...

naahh.. kalau si ‘pintar’ ini menggunakan ekornya untuk menjaga keseimbangan baik di pohon/ saat meloncat, juga untuk bergelantungan, serta menjadikan ekor sebagai ‘tangan ketiga’ mereka…

Berbeda dengan merak jantan… Ekornya digunakan untuk memikat si betina agar mau dikawini,,, yuk liat aksi mereka…

si jantan lagi ngerayu,tuuhh

Kalo ikan ekornya untuk membantu mereka selama berenang…

Yaaa…sebenarnya masiihh banyakk lagi binatang dengan ekor dan kegunaannya…

tapi, fungsi utama ekor binatang adalah untukk….

MENGHITUNG JUMLAH BINATANG TERSEBUT…..

misalnya = 5 ekor monyet, 3 ekor kambing, dan lain-lain…

hehehehe…. segitu dulu,dehh…

see yaa……^^